Anda Tidak Harus Menjadi Seorang Ahli untuk Memulai Karir Freelance

Bisnis & Pekerjaan 1 month ago Administrator 103x Dilihat
ecdbb62f4311269bc83823c8e79c3b3b.jpg

Tahun yang lalu, saya seakan bermimpi untuk menjadi pebisnis startup yang fantastis. Dari sana, saya akan meluncurkan bisnis freelance dan langsung menemukan kesuksesan.

Ah, senangnya menjadi muda dan naif! Meskipun saya beruntung bahwa banyak hal berjalan dengan baik dalam karier saya, hal itu tidak sepenuhnya mencerminkan impian itu. Itu jalan yang jauh berbeda dari yang saya bayangkan.

Saya bisa dikatakan menjadi freelancer, oke. Hanya saja jauh dari kata ahli ketika memulai bisnis ini. Anda bahkan dapat mengatakan bahwa keterampilan saya tidak terpoles. Mungkin saya juga 'agak bodoh'.

Namun terlepas dari semua itu – saya masih di sini. Ternyata menjalankan bisnis adalah pengalaman belajar yang luar biasa. Dan saya percaya bahwa orang lain memiliki kesempatan yang sama.

Sebenarnya Anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk memulai karir freelance Anda. Jika memulai bisnis adalah hal yang ingin Anda lakukan, keahlian (atau kekurangannya) tidak harus menghambat Anda.

Inilah mengapa hambatan untuk menjadi pekerja lepas bisa jadi ada di kepala Anda

Pengetahuan dan Gairah Kerja Adalah Awal yang Baik

Semua ini tidak berarti bahwa Anda tidak boleh menjadi pebisnis / freelancer yang berpengetahuan luas. Anda masih perlu memahami cara membuat sesuatu dengan cara yang lebih efisien dan sesuai standar.

Namun jika Anda menunggu untuk diakui sebagai salah satu yang terbaik dalam profesi Anda sebelum memulai karir lepas, Anda mungkin ingin mempertimbangkannya kembali. Itu tujuan yang luar biasa, tetapi jauh dari kebutuhan saat memulai bisnis.

Yang penting adalah memiliki pengetahuan tentang layanan yang Anda berikan. Ini memastikan bahwa Anda dapat membantu klien dengan kebutuhan mereka dengan andal. Dan itu memberikan kesempatan untuk memperluas kemampuan Anda.

Pada poin terakhir itu – kita semua memiliki hal-hal yang belum kita pelajari. Jadi, tidak ada salahnya mencari di Google atau komunitas untuk menjawab pertanyaan. Ini adalah bagian trial error bekerja dalam bidang yang selalu berubah.

Ini juga membantu untuk bersemangat tentang apa yang Anda lakukan. Misalnya, Anda benar-benar menyukai profesi sebagai desainer web, Anda akan cenderung mendedikasikan waktu untuk meningkatkan keterampilan Anda. Dikombinasikan dengan dasar pengetahuan yang kuat, itu akan menempatkan Anda pada posisi yang baik untuk membuat komitmen jangka panjang yang diperlukan untuk menjadi pekerja lepas.

Pengalaman Memberikan Jalan Besar untuk Belajar

Sudah lama ada perdebatan tentang manfaat pengalaman dunia nyata dibandingkan dengan pendidikan formal. Saya pikir ada manfaat besar untuk keduanya. Namun, pengalaman yang Anda miliki sebagai freelancer bisa sangat berharga.

Misalnya, mempelajari dasar-dasar keahlian desain menggunakan software editor memberi Anda keterampilan utama. Pertanyaannya, bagaimana Anda menerapkannya dalam proyek real sehingga dapat membantu Anda mencapai level berikutnya.

Setiap klien dan proyek adalah unik. Dengan demikian, mereka memaksa Anda untuk menyesuaikan apa yang telah Anda pelajari dengan kebutuhan tertentu.

Mereka juga merupakan kesempatan untuk belajar di tempat kerja. Anda mungkin akan menemukan skenario yang menantang pemikiran Anda atau membutuhkan pendekatan yang berbeda. Itu tidak selalu mudah. Tetapi itu dapat menyebabkan beberapa pertumbuhan profesional yang signifikan.

Dalam jangka panjang, pengalaman ini memungkinkan Anda menjadi lebih fleksibel saat mengerjakan suatu proyek. Hasilnya adalah Anda dapat melayani lebih banyak klien karena Anda memiliki keterampilan dan kepercayaan diri untuk melakukannya.

Keterampilan Orang Meningkat Seiring Waktu

Di luar keahlian teknis, beberapa desainer mungkin menghindari pekerjaan lepas karena kurangnya keterampilan. Entah karena sedikit rasa malu atau kecemasan, itu bisa menjadi kendala utama untuk memulai bisnis.

Ini dengan tepat menggambarkan pengalaman awal saya. Saya bukan orang yang paling berbakat secara sosial, dan saya tidak tahu bagaimana menangani hubungan klien. Sisi baiknya, pemikiran untuk bekerja dari rumah benar-benar sesuai keinginan saya!

Tetapi saya menemukan bahwa kemampuan saya di bidang ini tidak seburuk yang saya takutkan. Dan semakin saya berkomunikasi dengan klien, semakin baik saya melakukannya. Bukan berarti saya adalah orang yang paling ramah di dunia – tetapi saya lebih kompeten dari yang pernah saya bayangkan.

Sama seperti kode dalam pemrograman dan desain dalam dunia desain grafis, Anda dapat mempelajari keterampilan orang lain sambil jalan. Anda mungkin membuat kesalahan di sepanjang jalan. Namun seiring berjalannya waktu, Anda dapat mencapai tingkat kenyamanan saat berhadapan dengan klien, vendor, dan siapa pun yang Anda temui di sepanjang jalan.

Sebagai bonus, apa yang Anda pelajari juga dapat bermanfaat bagi Anda secara pribadi.

Semuanya Bermuara pada Keyakinan

Sebagian besar dari apa yang telah kita diskusikan sejauh ini bermuara pada kepercayaan diri untuk majuSepertinya reaksi alami saat mempertimbangkan langkah yang mengubah hidup. Dan memulai bisnis freelance pastilah memenuhi syarat dengan keyakinan yang mantap.

Dengan begitu, ini bukan hanya tentang apakah Anda cukup tahu tentang seluruh aspek dalam bidang yang digeluti atau hebat dalam presentasi kepada klienTerkadang tantangan yang lebih besar adalah bertanya-tanya apakah Anda dapat memenuhi ekspektasi – baik dari klien maupun diri Anda sendiri.

Kabar baiknya adalah freelancing tidak membutuhkan kesempurnaan di satu bidang. Jika Anda memiliki dasar pengetahuan yang kuat dan mau bekerja keras, kesuksesan ada dalam jangkauan Anda. Dan tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Oleh karena itu, jika Anda mempertimbangkan untuk menjadi pekerja freelance, lakukan percakapan yang jujur ??dengan diri Anda sendiri. Cari tahu mengapa Anda ingin melakukannya dan identifikasi apa pun yang menahan Anda. Jika ini masalah kepercayaan diri, Anda bisa mulai melewatinya dengan mengambil langkah pertama itu.

Baca juga : 6 Pilihan Pekerjaan Online Tanpa Modal Untuk Tambahan Pendapatan

Sumber : speckyboy-com

Komentar

Baca Juga