17 Tips Wawancara Kerja: Cara Membuat Kesan Hebat

Bisnis & Pekerjaan 2 months ago Administrator 172x Dilihat
fdf23271c2c741eba262259068fb62e0.png

17 Tips Wawancara Kerja: Cara Membuat Kesan Hebat - Anda memiliki jadwal wawancara kerja? selamat! Sekarang saatnya untuk bersiap, dan kami siap membantu Anda. Dalam artikel ini, kami memberikan ikhtisar tentang cara sukses dalam wawancara bersama dengan diskusi terperinci setiap poin.

Sebelum wawancara

Pada hari-hari sebelum wawancara kerja Anda, sisihkan waktu untuk melakukan hal berikut:

1. Riset perusahaan dan pewawancara

Memahami informasi penting tentang perusahaan yang akan wawancarai Anda dapat membantu menjalani wawancara dengan percaya diri. Gunakan situs web perusahaan, postingan media sosial, dan berita terbaru seputar perusahaan tersebut akan memberikan pemahaman yang kuat tentang tujuan perusahaan dan bagaimana latar belakangnya.

2. Latih jawaban Anda atas pertanyaan wawancara umum


Persiapkan jawaban Anda untuk pertanyaan umum: "ceritakan tentang diri Anda dan mengapa Anda tertarik dengan posisi ini di perusahaan kami?" Idenya adalah dengan cepat menjelaskan siapa Anda dan nilai apa yang akan Anda bawa ke perusahaan.

Tips : Anda harus siap untuk mendiskusikan ekspektasi gaji yang diinginkan. Jika Anda tidak yakin dengan gaji apa yang pantas untuk diminta, Hal terbaik yang dapat dilakukan dengan menyesuaikan rentang gaji berdasarkan lokasi, jenis industri dan pengalaman kerja Anda.

3. Baca kembali deskripsi pekerjaan

Anda mungkin ingin mencetaknya dan mulai menggarisbawahi keterampilan khusus yang dicari majikan. Pikirkan tentang contoh dari pekerjaan Anda sebelumnya dan saat ini yang sesuai dengan persyaratan ini.

4. Gunakan metode STAR dalam menjawab pertanyaan

Bersiaplah untuk ditanya tentang waktu di masa lalu ketika Anda menggunakan keterampilan tertentu dan gunakan metode STAR untuk menceritakan diri Anda terkait Situation, Task, Action dan Result jika diterjemahkan menjadi situasi, tugas, aksi dan hasil.

5. Rekrut teman Anda untuk berlatih menjawab pertanyaan

Melatih jawaban Anda dengan lantang adalah cara yang sangat efektif untuk mempersiapkannya. Ucapkan pada diri sendiri atau minta bantuan teman untuk menjawab pertanyaan dan jawaban. Anda akan menemukan bahwa Anda mendapatkan kepercayaan diri saat Anda terbiasa mengucapkan kata-kata.

6. Bersiaplah dengan contoh pekerjaan Anda

Selama wawancara, Anda mungkin akan ditanyai tentang pekerjaan spesifik yang telah Anda selesaikan terkait dengan posisi tersebut. Setelah meninjau deskripsi pekerjaan, pikirkan pekerjaan yang telah Anda lakukan di pekerjaan sebelumnya yang menunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman dan keberhasilan melakukan pekerjaan yang mereka butuhkan.

7. Rencanakan pakaian wawancara Anda malam sebelumnya

Jika Anda berbicara dengan seorang perekrut sebelum wawancara, Anda dapat bertanya kepada mereka tentang aturan berpakaian di tempat kerja dan memilih pakaian yang sesuai. Jika Anda tidak memiliki seseorang untuk ditanyakan, teliti perusahaan untuk mempelajari apa yang sesuai.

Hari wawancara

Setelah Anda menghabiskan waktu untuk mempersiapkan diri, Anda bisa mencobanya pada hari wawancara dengan mempraktikkan tips berikut:

8. Bawa salinan resume, buku catatan dan pena

Ambil setidaknya lima salinan resume tercetak Anda di atas kertas jika ada banyak pewawancara. Soroti pencapaian spesifik pada salinan Anda yang dapat dengan mudah Anda rujuk dan diskusikan.

Bawalah pena dan buku catatan kecil. Bersiaplah untuk membuat catatan, tetapi jangan mencatatnya pada ponsel Anda atau perangkat elektronik lainnya. Tuliskan informasi sehingga Anda dapat merujuk ke detail ini dalam catatan terima kasih tindak lanjut Anda. Pertahankan kontak mata sebanyak mungkin.

9. Rencanakan jadwal Anda untuk datang 10-15 menit lebih awal

Lihat rute Anda ke lokasi wawancara sehingga Anda bisa yakin untuk tiba tepat waktu. Pertimbangkan untuk melakukan latihan lari. Jika Anda menggunakan transportasi umum, tentukan rencana cadangan jika ada penundaan atau penutupan jalan.

Tip: Saat Anda datang lebih awal, gunakan menit ekstra untuk mengamati dinamika tempat kerja.

10. Buat kesan pertama yang bagus

Jangan lupakan hal-hal kecil—menyemir sepatu Anda, pastikan kuku Anda bersih dan rapi, dan periksa pakaian Anda dari lubang, noda, bulu hewan peliharaan, dan benang lepas. Dan ingat untuk tersenyum.

11. Perlakukan semua orang yang Anda temui dengan hormat

Ini termasuk orang-orang di jalan dan di tempat parkir, petugas keamanan dan staf. Perlakukan semua orang yang tidak Anda kenal seolah-olah mereka adalah manajer perekrutan. Bahkan jika tidak, calon atasan Anda mungkin meminta feedback dari mereka.

12. Berlatih sopan santun dan bahasa tubuh

Latih bahasa tubuh yang percaya diri dan mudah dipahami sejak Anda memasuki gedung. Sebelum wawancara, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan untuk mengelola perasaan cemas dan mendorong kepercayaan diri. Pertahankan kontak mata dan senyum.

13. Menanggapi dengan jujur setiap pertanyaan yang diajukan

Meskipun terlihat menguntungkan untuk memperbaik citra keterampilan dan prestasi Anda, pewawancara menganggap kejujuran itu sebagai hal utama. Fokus pada keahlian utama Anda dan mengapa latar belakang Anda membuat Anda secara unik memenuhi syarat untuk posisi tersebut.

14. Jaga agar jawaban Anda tetap singkat dan fokus

Waktu Anda dengan setiap pewawancara terbatas, jadi berhati-hatilah dengan jawaban bertele-tele. Mempraktikkan jawaban Anda sebelumnya dapat membantu Anda tetap fokus.

15. Jangan berbicara negatif tentang bos sebelumnya

Perusahaan ingin mempekerjakan seseorang yang dapat mengatasi situasi sulit. Jika Anda merasa putus asa tentang pekerjaan Anda saat ini, fokuslah untuk berbicara tentang apa yang telah Anda peroleh dari pengalaman itu dan apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya.

Setelah wawancara

Saat wawancara selesai, beri diri Anda peluang terbaik untuk maju dengan melakukan hal berikut:

16. Tanyakan tentang langkah selanjutnya

Setelah wawancara Anda, adalah tepat untuk bertanya kepada pewawancara, manajer perekrutan, atau perekrut Anda tentang apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Mungkinkah ada informasi tindak lanjut melalui email atau telepon terkait hasil wawancara Anda dan persyaratan tambahan seperti tugas atau daftar referensi atau wawancara lain.

17. Ucapkan terima kasih setelah wawancara

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pewawancara setelah selesai mewawancarai Anda, hal ini tentu bisa menjadi kesan positif tersendiri bagi perekrut terhadap aspek kesopanan Anda.

Komentar

Baca Juga